Monday, July 10, 2006
Italia Juara!!

Di tengah menurunnya kualitas Serie A di mata pecandu sepakbola dunia, di tengah kasus suap yang melanda klub-klub besar Italia, ancaman degradasi, mundurnya para petinggi Juventus dan FIGC dari jabatannya, anak-anak Azzurri bersatu padu menggapai gelar tertinggi di kancah sepakbola dunia.

Begitu Fabio Grosso menceploskan bola ke gawang Barthez dalam adu penalti semalam, para pemain Italia menjerit, mengaum, melampiaskan emosi yang sudah mereka pendam selama dua bulan terakhir.
Sebagian besar pemain Italia berasal dari empat klub yang saat ini sedang dilanda kasus suap. Jika keempat klub tersebut, yaitu Juventus, Milan, Fiorentina dan Lazio, terbukti bersalah, maka akan langsung didegradasi ke Serie C1 dan B. Ini berarti para pemain seperti Luca Toni, Alberto Gilardino, Pippo Inzaghi, Alex Del Piero, Zambrotta, Pirlo, Gatusso, Cannavaro, Buffon dan lainnya akan jadi pengangguran. Sungguh cobaan yang sangat berat terutama bagi pemain seperti Del Piero dan Zambrotta yang 'lahir dan dibesarkan' oleh Juventus.
Kebingungan akan masa depan yang tidak pasti, telah menyatukan mereka. Layaknya kaum tertindas yang berikrar menggulingkan sang diktator, mereka memberontak. Dan mereka menang.
Ini bukanlah kali pertama bagi Italia, merebut gelar juara dunia di tengah kemelut masalah yang berat. Pada tahun 80an, AC Milan dipaksa turun ke Serie B, setelah terbukti terlibat kasus suap. Pada Piala Dunia 1982 di Spanyol, Enzo Bearzot memanggil Paolo Rossi, salah satu pemain yang terlibat kasus suap, ke dalam squad Azzurri. Pemanggilan yang menimbulkan kritik tajam dari publik. Dan Italia menjadi juara.

Kalau kita mundur lebih ke belakang, pada Piala Dunia 1934 di Italia, suasana yang sangat mencekam justru menyelimuti tim tuan rumah. Di tengah persiapan menghadapi Chekoslovakia pada partai puncak, pasukan Italia menerima pesan singkat dari Sang Facis Benito Mussolini, yang isinya kurang lebih berbunyi; 'Juara atau Mati'.
Pada partai final tersebut, Italia menundukkan Chekoslovakia 2-1 dan menjadi juara untuk pertama kalinya.


Pictures taken from:
http://www.fifaworldcup.com
posted by Nando @ 10:55 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me


Name: Nando
Home: Ps. Minggu, Jakarta, Indonesia
About Me: * a family man trying to survive
See my complete profile

Special Post
Previous Post
Archives
News
Organizations
The Elites of Europe
Latest Challengers of Europe
Links
Affiliates
Yahoo!Group

Powered by Blogger

15n41n1