Friday, April 21, 2006
Portugal, si Pungguk yang Merindukan Bulan


Portugal dipercaya sebagai salah satu kekuatan sepakbola di Eropa. Setidaknya, ada tiga nama klub yang dikenal para pecandu sepakbola di seluruh dunia. Sebut saja; Benfica, FC Porto dan Sporting Lisbon. Bahkan Benfica adalah klub pertama yang meruntuhkan dominasi Real Madrid di Liga Champion pada tahun 1961. Dan Portugal memiliki seorang pemain yang diakui sebagai salah satu Legenda Sepakbola Dunia, yaitu 'The Black Panther' Eusebio Ferreira da Silva.


Tapi ironisnya, Portugal sama sekali belum pernah merebut gelar bergengsi di kancah internasional. Ya, mereka belum pernah merasakan gelar Juara Dunia atau Juara Eropa. Pada perhelatan Piala Eropa tahun 2004 lalu, tuan rumah Portugal tampil dengan komposisi terbaik di semua lini. Manuel Rui Costa, Luis Figo - Pemain Terbaik Dunia 2001 (FIFA), Deco dan Cristiano Ronaldo menguasai barisan tengah Portugal, Nuno Gomes di barisan depan serta Vitor Baia sebagai palang pintu terakhir. Portugal pun menjadi unggulan pertama pada turnamen tersebut.

Tetapi ternyata mereka tak mampu merebut gelar juara di depan pendukung mereka sendiri. Yunani - si anak bawang, memukul Portugal di partai puncak 1 - 0. Padahal Yunani tidak mempunyai pemain bintang. Tak ada satupun pemain Yunani yang berlaga di klub elit Eropa.
Yunani mendahului Portugal menorehkan sejarah sebagai Juara Eropa.
Sebuah kenyataan yang menyakitkan. Dan Cristiano Ronaldo pun menangis.
Dan sekedar informasi tambahan, Brazil yang merupakan Juara Dunia 5 kali, memiliki sebuah klub sepakbola bernama CR Vasco da Gama yang didirikan pada tanggal 7 April 1924. Anda tahu kan, siapa Vasco da Gama? Seorang penjelajah lautan yang sangat terkenal dari Portugal (1460 - 1524).

Eusebio dan Figo
Picture taken from:
http://www.sportwereld.be/Assets/Images_Upload/
NTABA_C10EUSEBIO1_RT.MM.jpg
posted by Nando @ 1:28 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me


Name: Nando
Home: Ps. Minggu, Jakarta, Indonesia
About Me: * a family man trying to survive
See my complete profile

Special Post
Previous Post
Archives
News
Organizations
The Elites of Europe
Latest Challengers of Europe
Links
Affiliates
Yahoo!Group

Powered by Blogger

15n41n1